ABON CABE HIYUNG SEBAGAI PRODUK OLAHAN PANGAN UNGGULAN

30 Juni 2022 01:01:14 Admin : Dinas Perindustrian
Editor : Dinas Perindustrian
29 Aug 2021 
Pada saat ini di Kabupaten Tapin sudah terdapat beberapa sentra industri kecil dan menengah, salah satunya adalah Sentra abon cabe yang terdapat di wilayah Desa Hiyung Kecamatan Tapin Tengah. Melihat dari kondisi hasil pertanian di Kecamatan Tapi Tengah, dimana salah satu hasil dari sumber daya alam daerah tersebut adalah hasil dari pertanian, salah satunya yaitu cabe rawit. Cabe rawit merupakan salah satu produk dari hasil pertanian yang banyak dihasilkan dan diperoleh dalam jumlah melimpah. Berdasarkan alasan diatas masyarakat di Kecamatan Tapin Tengah khususnya di Desa Hiyung  ingin memanfaatkan hasil pertanian tersebut dengan menjadikan cabe rawit sebagai bahan baku untuk pembuatan abon cabe/serbuk cabe. Dan juga dengan melihat potensi yang ada, masyarakat ingin memanfaatkan hal tersebut untuk menjadikan abon cabe sebagai peluang usaha baru karena dinilai mempunyai potensi yang sangat baik untuk dikembangkan. Saat ini Sudah ada beberapa perajin yang memanfaatkan cabe rawit sebagai salah satu bahan baku untuk pembuatan abon cabe bahkan sudah mulai dipasarkan.



Proses Pengeringan Cabe Rawit Hiyung

Cabe rawit (capsicum frutescens) merupakan tanaman yang tumbuh subur di sekitar garis khatulistiwa pada ketinggi antara 0-500 mdpl, namun masih dapat tumbuh pada ketinggian 1000 mdpl meskipun pembentukan buahnya menjadi tidak maksimal. Keunggulan cabe rawit asal Desa Hiyung bisa dirasakan dari tingkat kepedasannya. Menurut pengujian dan publikasi yang dilakukan oleh Badan Litbang Pertanian Kalimantan Selatan, cabe Hiyung memiliki tingkat kepedasan dari senyawa capcaisin hingga 94,5 ribu part per million atau ppm. Kandungan tersebut setara dengan 17 kali lipat lebih pedas dibanding cabai rawit.


                                                         Kunjungan Bupati Tapin Ke Sentra Cabe Rawit Hiyung

Pada proses pembuatannya abon cabe hiyung memiliki tiga varian rasa, yaitu : Rasa Original, Bawang dan Udang yang dikemas dalam kemasan botol plastik dan masing-masing perbotol berisikan 35 gram.