KERAJINAN SASIRANGAN SEBAGAI PRODUK UNGGULAN

30 Juni 2022 01:00:04 Admin : Dinas Perindustrian
Editor : Dinas Perindustrian
29 Aug 2021
Sama dengan kain sasirangan dari daerah lainnya, Kain sasirangan yang berasal dari Kabupaten Tapin juga merupakan kain yang corak dan warnanya dibuat melalui proses rintang warna, yaitu dengan cara menyirang (mengikat atau menjelujur kain sesuai dengan motif yang diinginkan) kemudian dicelup kedalam pewarna. Seperti halnya corak – corak kain tradisional lainnya, corak – corak pada kain sasirangan Tapin pun umumnya diilhami oleh aspek budaya atau alam sekitar seperti bunga, daun, atau binatang yang dinamai berdasarkan sumber inspirasi corak tersebut.

Adapun Pewarna yang digunakaan untuk mewarnai kain sasirangan biasanya menggunakan zat pewarna yang dibuat dari bahan – bahan alami, yakni dibuat dari biji, daun, buah, kulit atau umbi tanaman yang tumbuh liar di hutan atau yang sengaja ditanam di sekitar tempat tinggal para pembuat kain sasirangan itu sendiri, atau juga bisa dengan menggunakan pewarna sintetis. 

MOTIF KAIN SASIRANGAN KHAS KABUPATEN TAPIN

Hingga saat ini sudah terdapat 19 (sembilan belas) motif yang menjadi kebanggan Kabupaten Tapin, yaitu :

1. Naga Balahendang                                11.  Tugu Sirang Pitu
2. Halang Manyaung                                 12. Anak Bajang Bagandeng Tangan
3. Gasing Kemuning                                  13. Daun Salam
4. Ayunan Datu Ujung                               14. Daun Sirih
5. Bawang Tunggal                                    15. Dandang Badangung
6. Panting Polantan                                    16. Wayang Topeng
7. Buhan Tikup                                           17. Parang Balingan
8. Papan Surui                                            18. Daun Jeruju
9. Papakuan                                                19. Purun
10. Kalayangan Bakacak Pinggang



Sasirangan Khas Kab. Tapin


POTENSI BISNIS KAIN SASIRANGAN

Sudah kita ketahui, dalam ilmu ekonomi sesuatu yang memiliki nilai ekonomis tinggi dapat berpotensi menimbulkan peluang usaha. Tak mengherankan jika kain sasirangan sekarang ini telah dimanfaatkan sebagai produk bisnis.
Seperti halnya batik jawa, sasirangan memiliki nilai ekonomi yang cukup tinggi. Peluang bisnis dari kain tradisional Kalimantan Selatan ini pun lumayan menjanjikan. Hal inilah yang memancing para pelaku usaha industri kecil untuk mengembangkan bisnis sasirangan karena telah melihat peluang usaha yang menjanjikan.

Seiring perkembangan zaman, masyarakat semakin menyadari adanya potensi ekonomi yang terkandung dalam kain sasirangan. Hal ini dapat dilihat dari semakin banyaknya pengguna kain sasirangan, dari sekedar hiasan rumah sampai berbagai produk siap pakai seperti baju, sandal, tas, dompet, dll. Selain itu, semakin dihargainya hasil kerjaan lokal memberikan nilai tambah ekonomis pada sasirangan.




Tas Kombinasi Sasirangan