KERAJINAN ANYAMAN PURUN SEBAGAI PRODUK UNGGULAN

30 Juni 2022 12:56:28 Admin : Dinas Perindustrian
Editor : Dinas Perindustrian
29 Aug 2021 
Kabupaten Tapin sebagai daerah yang memiliki dataran rendah berair, seperti sungai, danau dan rawa. Banyak ditumbuhi berbagai jenis tumbuhan liar di antaranya tanaman purun. Tanaman purun tumbuh subur hampir di beberapa wilayah Kabupaten Tapin. Selain dimanfaatkan untuk keperluan hidup sebagai bahan baku anyaman, purun juga memiliki makna bagi perilaku manusia. Hal ini menunjukkan bahwa tumbuhan ini sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari dan memberikan inspirasi bagi kearifan budaya masyarakat Kabupaten Tapin.

Produk anyaman berbahan baku purun merupakan salah satu yang dari beberapa produk unggulan daerah Kabupaten Tapin. Bahan baku purun tidak hanya dimanfaatkan untuk pembuatan tikar maupun bakul, akan tetapi dilihat dari perkembangannya, pada saat ini bahan baku purun juga bisa dimanfaatkan untuk pembuatan berbagai macam produk tas.





POTENSI BISNIS KERAJINAN ANYAMAN PURUN

Dari beberapa industri yang ada, agroindustri merupakan bagian yang saat ini berkembang di Kabupaten Tapin. Hal ini dipengaruhi adanya dukungan potensi daerah yang menunjang bagi perkembangan agroindustri. Potensi agroindustri yang saat ini berkembang di Kabupaten Tapin diantaranya adalah kerajinan anyaman Purun. Dengan adanya dukungan ketersediaan purun sebagai bahan baku utama produk anyaman yang cukup memadai serta penerimaan pasar terhadap produk anyaman berbahan baku purun yang cukup baik menjadikan usaha ini dapat bertahan hingga sekarang.

Purun, bagi masyarakat Kabupaten Tapin adalah sangat erat kaitannya dengan budaya, kerajinan, dan peningkatan ekonomi keluarga. Pemanfaatan purun sebagai bahan baku tikar, tas, topi, dan berbagai produk lainnya, sangat memasyarakat, sehingga memberikan peluang bisnis.



 


ANEKA MOTIF ANYAMAN PURUN KHAS TAPIN

Teknik pembuatan anyaman dapat dikembangkan menjadi berjenis-jenis jalinan yang akan menghasilkan motif dari tampilan permukaan hasil anyaman, walaupun bahan anyaman sama warnanya. Jika bahan anyaman berbeda warnanya, akan menghasilkan motif berwarna yang lebih bervariasi.

Beberapa motif anyaman purun yang dijumpai di Kabupaten Tapin pada umumnya memiliki kesamaan yang lebih menonjolkan motif hiasan, secara keseluruhan motif yang tercipta menggambarkan keragaman khasanah budaya dan kekayaan daerah setempat. Hingga pada saat ini terdapat beberapa motif yang menjadi ciri khas daerah Kabupaten Tapin, diantaranya adalah :

1.  Motif Anyaman Dalit                                              8. Motif Anyaman Siku Kaluang               
2.  Motif Anyaman Saluang Mudik                             9. Motif Anyaman  Tabur Bunga
3. Motif Anyaman Baling-baling Katupat                 10. Motif Anyaman Pucuk Rabung
4. Motif Anyaman Kupu-kupu                                  11. Motif Anyaman Cengkirik
5. Motif Anyaman Mata Punai                                  12. Motif Anyaman Patah Kangkung
6. Motif Anyaman Balok-balok                                 13. Motif Anyaman Siku-siku
7.  Motif Anyaman Bintik Kali