ANEKA KERAJINAN ROTAN

30 Juni 2022 12:52:38 Admin : Dinas Perindustrian
Editor : Dinas Perindustrian

29 Aug 2021

Dalam memanfaatkan sumber daya alam (hasil hutan), kerajinan anyaman rotan juga merupakan Industri kecil yang kebanyakannya dikelola oleh masyarakat dalam bentuk home industri, bisa dikatakan merupakan salah satu industri yang mampu bertahan terhadap dampak krisis ekonomi yang melanda.

Industri kerajinan ini banyak dijumpai di Kecamatan Candi Laras Selatan dan sudah secara turun temurun dari zaman nenek moyang mereka yang mana ini sudah ada dari sekitar tahun 1960-an dan masih tetap bisa bertahan sampai sekarang. Usaha ini menjadi penghasilan tambahan sehari-hari bagi mereka.

Secara spontan sentra industri tersebut membentuk kelompok-kelompok yang terdapat dibeberapa desa. Industri ini merupakan sumber pendapatan bagi masyarakat setempat dan mampu menyerap sejumlah tenaga kerja pada wilayah tersebut.





Kerajinan rotan di Kecamatan Candi Laras Selatan merupakan kegiatan produksi yang mengolah bahan dasar rotan menjadi sebuah kerajinan, yang biasa disebut kerajinan rotan. Bahan dasar dari kerajinan ini pun sangat banyak dan mudah ditemui khususnya kita wilayah Kalimantan. Berbagai macam kerajinan yang dihasilkan diantaranya yaitu tas, keranjang, tempat buah, tudung saji, tirai, taplak meja dan banyak lagi hasil lainnya. Kerajinan ini memiliki ciri khas tersendiri dalam bentuk hasil kerajinannya yang beraneka ragam, sesuai dengan kreativitas para pengrajin masing-masing. Hasil kerajinan ini cukup berkembang sampai saat ini, penjualannya pun tak jarang sampai keluar daerah.

POTENSI BISNIS KERAJINAN ANYAMAN ROTAN

Dilihat dari kebutuhan masyarakat yang semakin meningkat terhadap kerajinan rotan telah banyak mendorong industri rotan untuk menawarkan dan memasarkan berbagai jenis kerajinan dengan keunggulan dan daya tarik yang berbeda-beda. Ada berbagai macam produk kerajinan tangan yang ada di pasaran dan memiliki pasar tersendiri untuk para konsumen. Peluang usaha kerajinan rotan ini dapat menjadi salah satu andalan usaha bagi yang ingin membuka sebuah usaha baru dalam menambah profit keluarga.

Kerajinan rotan merupakan salah satu jenis kerajinan yang sedang trend saat ini. Jadi, tidak dapat disangkal bahwa peluang usaha kerajinan tangan berbahan baku rotan ini bisa dimanfaatkan. Selain unik dan menarik, kerajinan tangan yang terbuat dari rotan mampu memberikan nilai kekhasan tersendiri, dan bisa bernilai tinggi apabila di komersilkan.